Selasa, 11 Desember 2012

Variabel Penelitian


Pengertian
      Menurut Sugiyono (2006:60), variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Lebih lanjut Hatch dan Forhady (Sugiono, 2006:60) memaparkan secara teoritis variabel dapat didefinisikan sebagai atribut seseorang, atau obyek yang mempunyai “variasi” antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan obyek yang lain.
Dinamakan variabel karena ada variasinya. Misalnya berat badan dapat dikatakan variabel, karena berat badan sekelompok orang itu bervariasi antara satu dengan yang lain. Demikian juga prestasi belajar, kemampuan guru dapat juga dikatakan sebagai variabel karena prestasi belajar dari sekelompok murid tentu bervariasi. Jadi kalau peneliti akan memilih variabel penelitian baik yang dimiliki orang obyek, maupun bidang kegiatan dan keilmuan tertentu, maka harus ada variasinya.
      Kerlinger (Sugiyono, 2006:61) menyatakan bahwa variabel adalah konstrak atau sifat yang akan dipelajari. Kerlinger juga mengatakan bahwa variabel dapat dikatakan sebagai suatu sifat yang diambil dari suatu nilai yang berbeda (different values). Selanjutnya Sugiono (dalam Kidder 1981), menyatakan bahwa variabel adalah suatu kualitas dimana, peneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya.
Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, maka dapat dirumuskan bahwa variabel penelitian adalah suatu atribut dan sifat atau nilai orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
Macam-macam Variabel
     Lebih lanjut Sugiono memaparkan macam-macam variabel menurut hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain diantaranya dapat dibedakan menjadi:
1.      Variabel independen
Variabel independen sering disebut variabel stimulus, prediktor, antecedent. Dalam bahasa Indonesia disebut sebagai variabel bebas. Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat).
2.      Variabel dependen
Variabel dependen sering disebut variabel output, kriteria, konsekuen. Dalam bahasa Indonesia disebut variabel terikat. Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas.
3.      Variabel moderator
Variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen. Variabel ini disebut juga variabel independen kedua.
4.      Variabel intervening
Variabel intervening adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur. Variabel ini merupakan variabel penyela/antara yang terletak antara variabel independen dan dependen, sehingga variabel independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen.
5.      Variabel control
Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak teliti, bila akan melakukan penelitian yang bersifat membandingkan.
      Menurut Suharsimi Arikunto (1998:99), variabel penelitian adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian. Definisi operasional variabel dalam penelitian ini dibedakan menjadi 2 yaitu variabel bebas dan variabel terikat.
a.       Variabel Bebas
Variabel bebas merupakan variabel yang dimanipulasi secara sistematis.
b.      Variabel Terikat
Variabel terikat (criterion variable) merupakan variabel yang diukur sebagai akibat adanya manipulasi pada variabel bebas.
Berdasarkan definisi variabel yang telah dipaparkan di atas, dapat diketahui bahwa tidak terjadi perbedaan yang mendasar tentang pengertian variabel antara satu dengan yang lain. Jika terjadi ketidaksamaan hanya dalam susunan kalimat atau penekanan maksud, tetapi pada dasarnya pengertiannya sama. Melihat beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa variabel adalah suatu objek penelitian yang bervariasi, sesuatu yang akan (harus) diubah atau sesuatu yang menjadi pusat atau fokus perhatian yang dapat memberikan pengaruh terhadap sesuatu sehingga sesuatu itu dapat berubah.
Melihat dari beberapa buku tersebut tentang macam-macam variabel dapat dibuat satu contoh judul penelitian dan menunjukan tentang mana yang disebut dengan variabel, contohnya yaitu “Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas V SD dengan Menggunakan Metode Eksperimen”. yang termasuk variabel dependen dari judul tersebut adalah “hasil belajar”, karena hasil belajar merupakan Variabel terikat yaitu variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat. Yang termasuk variabel independen pada judul tersebut yaitu pada kata “Metode Eksperimen”, karena metode eksperimen tersebut merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat).
                                                                                
REFERENSI
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar